Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh
pada kesempatan ini saya lagi-lagi akan membahas tentang Algoritma perulangan, dan menerapkannya pada GUI Kali ini saya akan mencoba membuat bentuk kotak (diagonal silang) seperti gambar berikut:
langsung saja berikut source code dan langkah-langkah pembuatannya:
- mendeklarasikan / meng-import paket-paket yang dibutuhkan.
- Membuat kelas dengan nama sayembara12 dan mendeklarasikan atribut-atribut yang dibutuhkan.
- Membuat Konstruktor dari kelas sayembara12 serta membuat sebuah method dengan nama AturKomponen yang didalamnya berisi pengaturan terhadap komponen-komponen GUI
- membuat method AlgoritmaDiagonal dengan isi source seperti ini
- langkah selanjutnya Memanggil / Meng-Override method actionPerformed dari implements ActionListener, yang didalamnya berisi fungsi yang mana jika tombol1 di klik maka akan mengeksekusi method AlgoritmaDiagonal()
- Langkah Terakhir membuat kelas baru dengan nama Run, kemudian memanggil konstruktor class sayembara12 dan membuat objek baru dengan nama "obj"
Panggil fungsi setVisible pada JFrame lalu isi dengan nilai boolean "true".
Saat program dijalankan akan mengeluarkan gambar seperti berikut:
Dan ketika menekan tombol jalankan akan mengeluarkan tampilan seperti berikut:
Selesai sudah pembahasan kita tentang Algoritma perulangan yang membentuk sebuah kotak (diagonal silang).
Semoga bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.
0 komentar: